Pada tahun ajaran 2023 ini, Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia menjalin kerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi pemerintahan melalui program Program Magister Ilmu Komunikasi Super Spesialis Public Relations. Pada semester II TA 2023/2024, mahasiswa wajib mengikuti program pengayaan di berbagai perusahaan dan instansi pemerintahan sebagai bagian dari kurikulum perkuliahan.
Periode magang ini berlangsung pada bulan Juli sampai September 2023, disela-sela libur perkuliahan semester ganjil. Selama periode magang, mahasiswa ditempatkan pada bidang pekerjaan yang berhubungan dengan kehumasan, baik pada instansi pemerintahan, agency kehumasan, atau perusahaan swasta. Program magang ini diharapkan dapat mengasah kemampuan strategis, taktis serta keterampilan teknis kehumasan terkini. Dengan merangkul konsultan PR internasional, BUMN, serta swasta, program magang berfokus untuk peningkatan kompetensi mahasiswa berkaitan dengan lingkup pekerjaannya sebagai PR.
Program magang diagendakan untuk mengasah kemampuan mahasiswa pada bidang public relation melalui kegiatan pelatihan, magang, dan sertifikasi. Secara umum, bagi mahasiswa program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan gambaran pengelolaan fungsi komunikasi dari institusi/ perusahaan/ organisasi/ mitra melalui magang, kelas umum dan kunjungan.
Para mahasiswa melaksanakan program magang di berbagai mitra magang selama 40 hari. Selanjutnya, sejalan dengan program magang yang diikuti oleh mahasiswa, mahasiswa diharapkan dapat belajar dari pengelolaan fungsi komunikasi mitra, baik secara strategis maupun taktis. Adapun mitra magang yang ditunjuk antara lain Colors Talent Agency, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Indonesia Communications (ID Comm), Brightminds Communications, PT Kereta Api Indonesia (KAI), RED Comm Indonesia, dan PT. MRT Jakarta. (DLN)